"Tiba-Tiba Ditawari Pekerjaan"

#4 Rahasia agar bisa tiba-tiba ditawari pekerjaan tanpa melamar.

Pernah tidak punya teman atau kenalan yang bercerita kalau dia tiba-tiba dihubungi perusahaan besar dan ditawari pekerjaan?

Siapa sih yang tidak ingin ditawari pekerjaan, iya kan?

Tapi, sebenarnya tidak ada yang "tiba-tiba". Pasti ada cerita dibaliknya. Tidak mungkin perusahaan besar atau recruiter dari perusahaan besar sembarangan untuk menghubungi bahkan menawarkan pekerjaan.

Mau tau bagaimana agar bisa hingga ditawari pekerjaan? Berikut ini rahasianya.


Punya Public Portfolio

Portfolio adalah salah satu bukti nyata dari kemampuan seseorang. Dibandingkan mengklaim sendiri suatu kemampuan di resume/CV, lebih baik tunjukan dengan bentuk portfolio.

Pastikan juga portfolio ini bisa dengan mudah diakses oleh orang lain.

Untuk desainer grafis, sangat-sangat disarankan untuk mengunggah karya di Instagram dan situs lain seperti ArtStation.

Untuk programmer, buka kode dari produk/proyek yang pernah dikerjakan di GitHub dan ikut serta menjadi kontributor dalam beberapa project Open-Source lainnya.

Untuk writer atau penulis, punya blog pribadi atau menulis di website besar seperti Kompasiana, Medium dan Quora akan sangat membantu.

Tapi nanti dijiplak orang bagaimana? Tenang saja, rejeki itu sudah ada yang mengatur. Dan kemampuan tidak semudah itu dijiplak.


Aktif di Forum / Linkedin

Salah satu cara untuk menjaga dan menunjukan kemampuan/skill yang dimiliki adalah dengan mengajar, termasuk menjawab pertanyaan dan berdiskusi seputar topik yang dikuasai.

Bergabunglah dengan forum sesuai skill atau kemampuan yang dimiliki, jangan lupa untuk selalu aktif membantu dan menjawab jika ada yang bertanya.

Bergabung juga dengan Linkedin, sosial media khusus bagi para profesional. Ikut terlibat dalam diskusi, berkoneksi dengan orang-orang dari bidang yang sama maupun dari bidang-bidang lainnya.

Dan yang paling penting, lengkapi profil Linkedin.

  • Tambahkan foto yang profesional namun tetap terlihat casual dan ramah (say no to pas foto background merah/biru)
  • Tambahkan pendidikan dan pekerjaan terakhir/saat ini
  • Tambahkan sertifikasi yang dimiliki kalau ada
  • Lengkapi kolom-kolom kemampuan yang dimiliki.

Aktif di Linkedin juga meningkatkan potensi mendapatkan Rekomendasi dari orang lain untuk bidang-bidang yang kita kuasai.

Recruiter sangat sering untuk 'memantau' Linkedin, melihat diskusi yang ramai pada satu topik dan menandai kandidat yang dirasa memiliki kemampuan yang cocok dengan yang perusahaan mereka butuhkan.


Mudah Dihubungi

Punya portfolio yang sangat bagus, aktif berdiskusi di forum, mendapat banyak rekomendasi dari orang lain akan jadi percuma... Kalau sulit untuk dihubungi atau kontaknya tidak bisa ditemukan.

Ini bukan berarti harus menyebar alamat email dan nomor telepon di segala penjuru internet. Tapi, pastikan untuk mencantumkan setidaknya alamat email aktif yang bisa dihubungi di halaman profil atau di portfolio yang bisa diakses umum.

Tidak masalah jika tidak selalu aktif memeriksa email, tapi setidaknya periksa email sehari sekali untuk mengetahui jika ada email penting yang masuk, salah satunya dari orang yang menawarkan pekerjaan.


Kesimpulan

Sekian saja rahasia agar bisa "tiba-tiba dihubungi pemberi kerja".

Sebenarnya, tidak ada yang "tiba-tiba", karena itu adalah buah dari dedikasi dan jeli dalam memaksimalkan peluang.

Jadi, jangan harap kalau bisa dengan mudah tiba-tiba ditawari pekerjaan jika portfoliomu tidak bisa ditemukan, tidak pernah aktif dimana-mana dan kontaknya tidak bisa ditemukan.

Sekian!