Draft yang Tidak Akan Pernah Selesai

Kenapa saya punya draft tulisan yang tidak pernah selesai dan apa yang saya lakukan untuk 'mengatasinya'.

Bersamaan dengan mengirimkan newsletter terakhir di bulan April 2021 yang berjudul Overdosis Pengembangan Diri, saya juga memulai merekam podcast mingguan yang diberinama Unwritten Notes.

Keinginan untuk punya podcast ini sebenarnya sudah ada sejak lama, sebagai bagian dari content differentiation untuk konten-konten yang pernah saya terbitkan.

Tapi, saya merasa ada yang lebih urgent untuk dijadikan audio dibandingkan mengubah konten yang sudah terbit, yaitu tumpukan draft yang tidak akan pernah selesai di blog ini.

Kenapa Draftnya Tidak Akan Pernah Selesai?

Kehilangan Arah

Ketika ide awalnya ingin menuliskan dengan satu hal, kemudian saya melakukan riset lebih dalam, saya menemukan bahwa topik tersebut sudah tidak relevan lagi atau lebih parahnya, kalau ternyata ide tersebut salah/tidak berlaku.

Draft yang masuk dalam kategori ini biasanya saya hapus permanen dan tidak akan diungkap lagi di kemudian hari. Masih ada beberapa draft yang kehilangan arah tapi masih dipertahankan karena saya percaya bahwa suatu hari akan relevan lagi.

Kehilangan Semangat

Ini adalah kategori draft yang paling banyak. Topiknya masih relevan untuk ditulis, tapi saya kehilangan semangat untuk melanjutkannya. Alasannya?

  • Melihat konten lain yang membahas ide yang sama dengan lebih baik.
  • Berpikir bahwa topik ini tidak akan memiliki banyak peminat (tidak laku).
  • Topiknya terlalu berat atau teknis untuk otak kecil saya.
  • Idenya lebih sulit diungkapkan dalam bentuk tulisan.

Kekurangan Data

Ini jarang terjadi, tapi kalau pun terjadi biasanya akan masuk dalam kategori sebelumnya. Ketika menemukan satu topik tulisan yang kayaknya seru banget, tapi tidak berhasil menemukan data pendukung yang bagus, maka saya akan kehilangan semangat untuk melanjutkannya.

Tidak Aktual Lagi

Blog ini memang tidak bersaing dengan situs berita, tapi tetap saja butuh trafik untuk terus tumbuh.

Sampai saat menuliskan jurnal ini, hampir 80% trafik blog ini berasal dari mesin pencari (Google), jadi kalau tidak menuliskan sesuatu yang aktual, tidak akan ada yang mencari dan mendatangi blog ini.

Saya punya beberapa draft yang topiknya mengenai beberapa hal yang terjadi di tahun 2008-2014, tapi belum saya lanjutkan karena tidak aktual dan tidak yakin akan ada yang mencari seputar topik-topik tersebut.

Podcast Unwritten Notes

Salah satu 'solusi' yang saya gunakan saat ini adalah mengubah format draft tersebut dalam bentuk audio. Kenapa audio?

Karena dengan audio jadi terasa lebih dekat dan saya bisa menyampaikan maksud dari ide tersebut secara lebih lugas dibandingkan hanya lewat tulisan.

Dengan adanya Unwritten Notes, bukan berarti saya tidak akan menyelesaikan dan menyempurnakan draft tersebut SUATU HARI NANTI, tapi setidaknya untuk saat ini, saya bisa mengeluarkan draft tersebut dari to-do-list dan fokus pada ide-ide baru.