Dibalik Kesuksesan Fall Guys

Fall Guys: Ultimate Knockout (selanjutnya akan disebut “Fall Guys” saja) adalah game dari Mediatonic dan publisher Devolver Digital. Game ini sudah dipamerkan sejak Juni 2019 namun baru dirilis untuk publik pada 4 Agustus 2020 lalu.

Fall Guys terbilang sangat fenomenal walau tidak berasal dari developer game besar, beberapa pencapaian diantaranya:

  1. Menjadi game bulanan PlayStation Plus (layanan berlangganan milik PlayStation) yang paling banyak diunduh.
  2. Dalam 24 jam mencatatkan jumlah pemain mencapai 1.5 juta pemain.
  3. Mencapai 2 juta kopi menjualan di platform Steam kurang dari seminggu (Pada 26 Agustus 2020, mencatatkan penjualan hingga 7 juta kopi).
  4. Sempat menjadi game paling banyak ditonton di platform Twitch.
  5. Mengumpulkan donasi hingga 1 juta dollar Amerika untuk Special Effect.

Apa sih Fall Guys?

Fall Guys adalah sebuah game yang masuk dalam genre platformer battle-royale. Diakui oleh desainernya, bahwa game ini banyak mengambil inspirasi dari acara TV seperti It’s A Knockout, Takeshi Castle dan Total Wipeout.

Game ini dimulai dengan 60 pemain, kemudian akan ada berbagai jenis mini-game yang akan mengeliminasi pemain yang gagal mencapai skor tertentu atau tidak mencapai garis akhir.

Pada akhirnya, hanya akan ada satu pemenang yaitu pemain terakhir yang berhasil bertahan atau berhasil mendapatkan Crown.

Sampai artikel ini ditulis, Fall Guys baru tersedia untuk PC dan PlayStation. Namun, perusahaan game Tiongkok, Bilibili sudah mendapatkan hak untuk merilis versi mobile dari Fall Guys di Tiongkok.

Kenapa Fall Guys bisa Sukses?

Schadenfreude

Saya tidak bisa menemukan padanan untuk kata ini dalam Bahasa Indonesia. Jadi, saya akan pakai kata ini saja.

Schadenfreude (n): kesenangan yang diperoleh seseorang dari kemalangan orang lain.

Phillippe Rochat, profesor dari Emory University mengatakan bahwa acara TV seperti Takeshi Castle, It’s a Knockout dan dalam hal ini Fall Guys memberikan penontonnya schadenfreude. (sumber)

Schadenfreude tidak selalu muncul saat kita melihat kemalangan yang terjadi pada orang lain. Emosi ini hanya muncul ketika kita melihat orang lain sebagai ‘musuh’. Dan itulah yang terjadi pada semua jenis game show dan Fall Guys.

Waktu yang Tepat

Faktor pertama adalah waktu. Entah sejak awal sudah akan dirilis pada Agustus 2020 atau tidak, tapi Fall Guys dirilis pada waktu yang sangat tepat.

Selama hampir 6 bulan, orang-orang di seluruh dunia merasa ‘terkurung’. Hingga muncul sebuah game yang premis utamanya adalah bersaing dan bersenang-senang, memiliki dominan warna cerah dan bisa dimainkan oleh segala usia.

Fall Guys tidak bisa memiliki waktu perilisan yang lebih tepat lagi.

Game Bulanan PlayStation Plus

Fall Guys merupakan salah satu game yang dirilis sebagai game gratis bulan Agustus 2020 untuk anggota PlayStation Plus, berdampingan dengan game COD: Modern Warfare 2 Campaign Remastered.

COD: Modern Warfare 2 Remastered adalah game yang sudah dimiliki banyak pelanggan PlayStation Plus. Dan, Fall Guys terasa ‘jompang’ (baca: menarik perhatian) berdampingan dengannya.

Angka pelanggan PlayStation Plus yang diperkirakan mencapai 40 juta pelanggan pada Mei 2020 lalu adalah angka yang sangat besar untuk membantu kesuksesan Fall Guys di hari-hari awal perilisannya.

Fall Guys adalah Game Sederhana

Fall Guys adalah game yang sederhana; mulai dari desain karakter yang dibuat mirip kacang, musik yang catchy hingga gameplay-nya yang mudah dipahami para pemain.

Kesederhanaannya juga membuat game ini mudah dicintai siapa saja, mulai dari anak kecil hingga orang yang mungkin sebelumnya tidak pernah tertarik untuk bermain video game.

Twitter — Dan Community Manager Terbaik Saat Ini

Fall Guys sangat aktif di Twitter dibandingkan di platform sosial media lain. Dikepalai oleh “Oliver Age 24”, akun Twitter Fall Guys menjadi salah satu akun Twitter milik brand dengan engagement tertinggi.

Kesederhanaan Fall Guys juga membuat komunitasnya yang lebih mudah dalam membuat fan arts dan melakukan modifikasi pada desain karakter Fall Guys.

Tidak heran jika dalam waktu kurang dari satu minggu, Fall Guys sudah mendapatkan banyak ide kostum baru, baik dari perorangan atau bahkan dari brand lain.

Adrenaline Rush — Skala Kecil

Genre Battle-Royale adalah salah satu genre video game paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Satu hal yang membuatnya populer adalah adrenaline rush yang didapatkan pemain dari waktu ‘hampir menang’.

Fall Guys juga memilikinya walau dalam skala yang lebih kecil atau lebih pemaaf. Misalnya, jatuh dari platform tidak selalu berarti kalah dan masih ada kesempatan mencoba lagi.

Adrenaline rush ini membuat orang selalu ingin mencoba lagi dan lagi…


Itulah beberapa faktor yang menurut saya membuat Fall Guys bisa sangat populer dalam waktu yang sangat singkat. Tapi, apakah Fall Guys akan terus populer? Tergantung…

Apakah developernya akan mendengarkan permintaan komunitasnya? Apakah developer bisa menemukan cara untuk selalu memberikan pengalaman baru pada pemain?

Jika jawaban untuk dua pertanyaan ini adalah “Iya” dan “Bisa”, maka Fall Guys akan bertahan dalam waktu yang cukup lama.