Dia yang Baik untuk Kesehatan Mentalmu

Pertahankan dia yang baik untuk kesehatan mentalmu. Buang jauh-jauh dia yang merusak.

Dia yang Baik untuk Kesehatan Mentalmu
Photo by Lesly Juarez / Unsplash

Kamu pasti sudah sering membaca tipe-tipe orang toxic seperti apa yang harus kamu buang jauh-jauh dari hidupmu kan? Tapi, bagaimana dengan tipe orang yang sebaiknya kamu jaga?

Tulisan kali ini akan fokus pada tipe orang seperti apa yang sebaiknya kamu pertahankan dalam hidupmu. Dia yang baik untuk perkembangan diri dan kesehatan mentalmu.

Dia yang Menghargai Batasan Dirimu.

Photo by Sam Manns / Unsplash

Pertama, dia harus mengetahui dan menghargai batasan dari dirimu. Batasan seperti apa?

Misalnya saat kamu sudah bilang "Tidak", maka dia tidak akan pernah memaksakan kehendaknya itu padamu. Dia juga akan menghargai saat kamu memang perlu waktu untuk dirimu sendiri, entah itu untuk pergi bersama sahabat atau benar-benar me time sendirian.

Contoh:

Saat seorang laki-laki menyukaimu dan menyatakan perasaannya, tapi disaat yang sama, kamu tidak/belum memiliki perasaan yang sama dan mengatakan tidak. Dia yang harus kamu jaga adalah dia yang masih memperlakukanmu secara sama setelah penolakan tersebut. Lepaskan dia yang tiba-tiba berubah 180° saat kamu menolak perasaannya.

Dia Mendengarkan Kamu

Tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Jika kamu bercerita pada orang yang 'salah', yang kamu dapatkan bukanlah solusi atau meringankan masalahmu tapi justru mereka yang bercerita tentang masalah mereka yang 'lebih berat'.

"Kamu baru segitu, kalau aku..."

Tapi, dia yang sebaiknya kamu pertahankan dalam hidupmu akan menyerap ceritamu seperti sebuah sponge. Tidak peduli seberapa banyak dan besar cerita yang kamu berikan, mereka akan menerimanya tanpa perlu merasa takut dihakimi atau 'disaingi'.

Mereka bahkan dengan senang hati memberikan solusi JIKA KAMU MEMINTANYA. Jika tidak, maka mereka hanya akan mendengarkan. Karena terkadang, masalahmu tidak memerlukan bantuan orang lain, hanya perlu seseorang untuk mendengarkannya.

Kamu Merasa Aman Saat ada di Dekatnya

Ini yang paling sederhana, dia yang baik untuk kesehatan mentalmu adalah dia yang membuatmu merasa aman ketika ada di dekatnya. Aman seperti apa?

  • Kamu merasa tidak risih saat dia ada di dekatmu.
  • Kamu merasa bahwa bisa menjadi dirimu sendiri dan bercerita tanpa takut dihakimi jika bersamanya.
  • Pada contoh ekstrim, jika dalam satu ruangan terkunci hanya ada kalian berdua, kamu tau semuanya akan baik-baik saja.

Kamu Merasa Dihargai dan Diapresiasi

Tidak semua usahamu akan berakhir sesuai rencana. Terkadang ada usaha yang berakhir lebih buruk dari perkiraan, tapi terkadang juga ada usahamu yang berakhir justru lebih baik dari yang diperkirakan oleh dirimu dan orang lain.

Dia yang harus kamu pertahankan dalam lingkaran sosialmu adalah yang menghargai dan mengapresiasi dirimu secara pantas. Pantas seperti apa?

  • Saat kamu memiliki pencapaian, dia mengucapkan selamat dengan tulus dan tidak berlebihan. Diapresiasi secara berlebihan (love bombing) terkadang merupakan salah satu bentuk manipulative behaviour yang jarang disadari banyak orang.
  • Saat kamu di titik terendah, dia menjadi pendengar yang baik dan menawarkan solusi jika memang kamu memintanya.

Dia Mendorongmu untuk Bertumbuh dan Berkembang

Dia selalu mengingatkan dan mengajakmu untuk menjadi lebih baik. Dia memintamu untuk menjadi lebih baik (berubah), bukan untuk dirinya tapi untuk kebaikan dirimu sendiri.

Dia akan selalu mengingatkan bahwa,

Kalau kamu sedang merasa lelah, tapi bahagia. Berarti kamu ada di jalur perjuangan yang tepat.

Dia Bahagia atas Semua Pencapaianmu

Bahkan ketika kalian adalah sepasang kekasih, dia akan selalu mengingatkan bahwa yang harus menjadi prioritas utama adalah dirimu sendiri sementara dia bisa menjadi prioritas kedua atau bahkan ketiga setelah orangtua/keluargamu.

Prioritas utamamu haruslah tetap dirimu, ambisimu, mimpimu dan masa depanmu. Entah masa depan tersebut bersama dirinya ataupun tidak.

Menemukan kebahagiaan dan rasa aman diri sendiri adalah kunci untuk menemukan kebahagiaan saat bersama orang lain.


Akhir Kata

Dia yang baik untuk kesehatan mentalmu adalah dia yang:

  • Tau batasan dirinya dalam hidupmu
  • Selalu mendengarkan tanpa menghakimi
  • Membuatmu merasa aman dan nyaman secara psikis
  • Membuatmu merasa dihargai dan diapresiasi secara pantas
  • Mendorongmu untuk selalu menjadi lebih baik
  • Dan bahagia atas semua pencapaianmu.